Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

AMD RTX 4080 Bakal Turun Harga?

86 views
AMD RTX 4080 Bakal Turun Harga?

Sebuah studi terkini menunjukkan bahwa AMD berpotensi mengembangkan sebuah kartu grafis dengan kemampuan setara Nvidia RTX 4080 namun ditawarkan dengan biaya yang lebih ekonomis, yakni hanya separuh dari harga aslinya. Bukan kali ini saja spekulasi tersebut beredar, sebelumnya pada tahun 2023 juga telah ada kabar tentang strategi AMD yang mengincar segmen pasar menengah.

Informasi terkini mengindikasikan bahwa varian menengah dari keluarga AMD Radeon 8000 diperkirakan akan dibanderol di kisaran $400-$600 (sekitar £315-£472 / AU$606-AU$910), demikian dilaporkan oleh PCGamesN. Penawaran ini dianggap sebagai diskon signifikan dan memberikan nilai yang luar biasa bila dibandingkan dengan harga standar RTX 4080. Di era dimana pasar kartu grafis kekurangan pilihan yang terjangkau, langkah AMD untuk memperkenalkan sebuah produk yang kuat namun ekonomis ini dapat menjadi angin segar yang sangat dibutuhkan oleh pasar, serta posisi yang menguntungkan di tengah persaingan.

Spekulasi beredar bahwa AMD Radeon 8000 akan menempatkan performanya pada tingkat maksimum dalam segmen ini, membiarkan Nvidia memimpin pasar kartu grafis premium di generasi yang akan datang. Walaupun ini terdengar seperti langkah mundur, strategi semacam ini sebenarnya cukup masuk akal bagi AMD, memungkinkan mereka untuk fokus pada pengembangan produk untuk segmen menengah dan bawah.

Harus diakui bahwa AMD masih berupaya mengejar Nvidia dalam fitur ray-tracing pada kartu grafisnya. Nvidia dengan DLSS 3 nya masih unggul dibanding FSR 3 dari AMD, yang mana adalah teknologi pemrosesan yang meningkatkan kualitas gambar dari resolusi rendah ke resolusi lebih tinggi (contohnya dari 1080p ke 4K), memungkinkan pengolahan gambar lebih cepat dan meningkatkan laju frame. Namun, perbedaan keunggulan antara kedua teknologi ini terus berkurang.

Bocoran dari YouTuber Moore’s Law is Dead menunjukkan bahwa AMD sedang mengembangkan sebuah kartu grafis Radeon RX 8000 kelas atas dengan kode Navi 4C. Video tersebut menampilkan diagram yang menunjukkan kartu tersebut dilengkapi dengan tiga “Shader Engine Dies” yang diposisikan di atas “Active Interposer die” dan “Multimedia and I/O Die”, yang akan menghasilkan kartu dengan sembilan Shader Engine yang terpisah.

Meskipun demikian, kartu grafis kelas atas ini tampaknya tidak akan dijual dengan harga yang murah, diperkirakan bisa mencapai $2.500. Mengingat AMD masih mencari formulasi yang tepat untuk ray tracing, harga tersebut bisa menjadi penghalang besar bagi pasar yang sudah sangat kritis terhadap komponen dengan harga tinggi.

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat siang 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X