Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

Cara Cek Backlink Website Kita dan Orang Lain

82 views
Cara Cek Backlink Website Kita dan Orang Lain

Backlink merupakan salah satu elemen kunci dalam Search Engine Optimization (SEO). Backlink adalah tautan yang mengarah ke situs web Anda dari situs lain. Kualitas dan jumlah backlink yang mengarah ke situs Anda dapat berpengaruh besar terhadap peringkat situs Anda di mesin pencari seperti Google. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang backlink, bagaimana Cara Mengecek Backlink Website Kita dan Orang Lain, serta manfaat dan risikonya.

Pengertian Tentang Backlink

Backlink, juga dikenal sebagai “inbound links” atau “external links”, adalah tautan dari satu situs web ke halaman di situs web lain. Ini sering dilihat sebagai “vote” dalam konteks online yang menandakan kepercayaan dan kualitas konten.

Backlink memiliki peran penting dalam algoritma mesin pencari. Mereka membantu mesin pencari menentukan relevansi dan otoritas situs. Situs dengan jumlah backlink berkualitas tinggi cenderung memiliki peringkat lebih baik pada hasil pencarian.

Manfaat pada backlink antara lain adalah:

  1. Meningkatkan Otoritas dan Kredibilitas Website: Backlink dari website otoritatif dapat meningkatkan kredibilitas website Anda. Ini berarti website Anda dianggap sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya.
  2. Peningkatan Trafik Referral: Selain SEO, backlink juga membawa trafik referral, yaitu pengunjung yang datang ke website Anda melalui tautan dari website lain.

Resiko Negatif Backlink

  1. Penalty Google: artinya website kita ‘di suspend’ Google sehingga tidak tampil dihalaman hasil penelusuran
  2. Drop Rank: artinya website kita mengalami penurunan ranking yang signifikan

Google Sandbox dan Google Penalty

  1. Google Sandbox: Istilah yang digunakan untuk menggambarkan efek sementara di mana situs baru tidak muncul di hasil pencarian.
  2. Google Penalty: Sanksi dari Google yang diberikan kepada situs yang melanggar pedoman webmaster, seringkali karena backlink buruk.

Mengidentifikasi Backlink Bermasalah

Terdapat beberapa kriteria yang bisa menunjukkan backlink bermasalah, seperti tautan dari situs yang tidak relevan, over-optimized anchor text, atau tautan dari situs berperingkat rendah.

Pengertian Spam Backlink

Spam backlink adalah tautan yang tidak etis atau tidak relevan yang biasanya dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat situs.

Jenis-Jenis Backlink

Ada banyak jenis-jenis backlink tetapi semuanya dapat dikategorikan sebagai Backlink Natural vs Tidak Natural.

  1. Backlink Natural: Tautan yang diberikan secara alami oleh situs lain tanpa permintaan.
  2. Backlink Tidak Natural: Tautan yang diperoleh melalui praktik seperti pembelian link atau pertukaran link.

Backlink yang bagus adalah backlink yang dibuat secara natural atau “dikondisikan” seakan-akan itu natural. Berikut backlink yang bagus untuk website kita harus memenuhi kriteria:

  1. Terindex Google (search engine): backlink di index oleh Google. Backlink ke website kita baru akan memiliki dampak ketika ia sudah terindex Google.
  2. DoFollow: artinya meneruskan mesin crawler untuk mengindex link yang ada didalamnya
  3. Berasal dari situs dengan status trustworth yang tinggi: ini bukan berarti DA/PA tinggi saja tapi juga harus memiliki traffic yang tinggi.
  4. Unik: artinya backlink berasal dari website dengan IP address yang unik
  5. Diversity backlink artinya backlink bersumber dari blog post, komentar, forum signature dst termasuk naked url, contextual link, profile link dll
  6. Backlink tier: Konsep backlink tier mengacu pada hierarki backlink. Backlink tier 1 mengarah langsung ke situs Anda, sementara backlink tier 2 mengarah ke backlink tier 1, dan seterusnya.

Haruskah Membuat Backlink? Membangun backlink adalah strategi penting dalam SEO, namun harus dilakukan dengan cara yang alami dan etis untuk menghindari penalti.

Alat (Layanan) Untuk Memeriksa Backlink Website

Setiap layanan ini memiliki fitur unik dan skema harga yang berbeda, jadi Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan SEO Anda.

  1. Ahrefs: Merupakan salah satu alat SEO yang sangat populer, Ahrefs menawarkan kemampuan untuk mengecek backlink dengan detail yang tinggi. Layanan ini menyediakan informasi seperti jumlah backlink, persentase backlink dofollow, dan top 100 backlink yang mengarah ke website Anda. Ahrefs juga memungkinkan analisis backlink kompetitor, yang sangat berguna untuk strategi SEO.
  2. RankWatch: RankWatch adalah alat SEO yang menyediakan analisis backlink terperinci. Alat ini memungkinkan pengguna untuk menggosok data backlink pesaing dan menampilkan backlink dengan berbagai parameter seperti baru ditambahkan, relevansi, dan domain tautan utama. RankWatch juga menawarkan berbagai fitur lain seperti pelacakan peringkat dan audit SEO.
  3. Monitor Backlinks: Layanan ini khusus dirancang untuk memantau backlink dan mengidentifikasi peluang backlink baru. Monitor Backlinks memungkinkan pengguna untuk melacak peringkat kata kunci dan memantau profil backlink pesaing. Ini memberikan pemberitahuan tentang backlink baru dan hilang, serta menawarkan analisis mendalam tentang tautan.
  4. CognitiveSEO: CognitiveSEO menyediakan serangkaian alat SEO, dengan fokus khusus pada analisis backlink. Alat ini memungkinkan pengguna untuk menganalisis profil tautan balik dari website mana pun, termasuk domain mereka sendiri dan domain pesaing, serta menyediakan Penjelajah Situs untuk pencarian lanjutan.
  5. Majestic: Majestic adalah salah satu alat pemeriksa backlink yang paling dikenal dan dihormati di industri SEO. Layanan ini menyediakan data backlink yang sangat rinci, termasuk jumlah backlink, tautan hilang, dan tautan baru. Majestic juga dikenal dengan visualisasi peta tautan baliknya yang memungkinkan pengguna untuk melihat bagaimana backlink terhubung di seluruh web.
  6. SEMRush: Layanan ini menawarkan analisis backlink yang detail, termasuk informasi tentang backlink baru dan hilang, identifikasi semua backlink yang masuk, informasi kualitas domain yang memberikan backlink, deteksi dofollow dan nofollow backlink, pelacakan backlink milik kompetitor, dan kemampuan untuk membandingkan progres link building hingga 5 domain kompetitor. SEMRush juga terintegrasi dengan Google Search Console, Google Analytics, dan Majestic.
  7. UberSuggest: Dikembangkan oleh Neil Patel, UberSuggest menyediakan ringkasan backlink yang mudah dibaca, grafik pertumbuhan backlink secara historis, kemampuan untuk melihat backlink kompetitor, dan filter untuk melihat backlink dalam berbagai data seperti wilayah geografis dan skor domain. Fitur ini membantu dalam memahami trafik organik yang diperoleh domain.
  8. Moz Pro: Layanan ini dikenal dengan database backlink yang besar, mencapai 40 triliun link. Moz Pro menyediakan ikhtisar halaman web, memantau tautan masuk, mengecek Skor Spam, teks jangkar, dan skor Otoritas Domain. Moz Pro juga memiliki fitur analisis pesaing untuk membandingkan backlink Anda dengan pesaing serta fitur Link Intersect yang membantu menemukan website baru untuk ditargetkan.
  9. Link Miner: Layanan dari Mangools ini memiliki database lebih dari 9 triliun data backlink. Link Miner menawarkan analisis backlink baru dan yang hilang, serta fitur All, New, dan Lost Backlink. Kelebihannya termasuk penggunaan yang mudah, analisis kekuatan backlink, pratinjau langsung dari backlink, dan kemampuan untuk menyimpan backlink ke daftar Favorit.
  10. BuzzSumo: Alat ini lebih dari sekadar pemeriksa backlink. BuzzSumo membantu mengidentifikasi konten yang trending, influencer yang cocok untuk bisnis Anda, dan menyediakan alat untuk mengoptimasi media sosial. Fitur untuk mengecek backlink termasuk melacak backlink dan penyebutan merek serta analisis sentimen.

Cara Mengecek Backlink Website Kita dan Orang Lain

Setelah kita tahu apa itu backlink berserta kriterianya dan sudah tahu alat atau layanan yang sering dipakai untuk  mengecek backlink sekarang kita mulai melakukan pengecekan.

Cara mengecek backlink website itu mudah yaitu:

  1. Kunjungi salahsatu penyedia baclink checker itu
  2. Ketikan nama domain atau url dari website yang ingin kita cek
  3. Analisa hasil pengecekan backlink

Terdapat berbagai jenis laporan hasil pengecekan backlink yang bisa Anda peroleh melalui alat SEO seperti Ahrefs, SEMrush, atau Majestic. Berikut adalah beberapa jenis laporan yang umum, beserta pengertiannya:

  1. Total Backlinks: Menunjukkan jumlah total backlink yang mengarah ke situs Anda. Ini termasuk tautan duplikat dari situs yang sama.
  2. Domain Referensi Unik: Menghitung jumlah domain unik yang memberikan backlink ke situs Anda. Ini memberikan gambaran tentang beragamnya sumber backlink Anda.
  3. Anchor Text Backlink: Menyediakan informasi tentang teks jangkar (anchor text) yang digunakan dalam backlink. Ini penting untuk memahami bagaimana situs Anda dikaitkan dengan kata kunci tertentu.
  4. Nilai PageRank (PR) atau Domain Authority (DA): Menilai kekuatan dan otoritas situs yang memberikan backlink, biasanya dengan skor dari 0 hingga 100. Domain Authority adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz, sedangkan PageRank adalah algoritma lama yang digunakan oleh Google.
  5. Lokasi Backlink (URL): Menampilkan URL spesifik dari tempat backlink berasal, memberikan wawasan tentang konteks dan relevansi tautan tersebut.
  6. Status Tautan: Memberikan informasi apakah backlink tersebut aktif, rusak, atau hilang. Ini penting untuk memahami kesehatan profil backlink Anda.
  7. Follow vs NoFollow: Mengkategorikan backlink menjadi ‘follow’ dan ‘nofollow’. Tautan ‘follow’ dapat mempengaruhi peringkat SEO, sedangkan ‘nofollow’ umumnya tidak.
  8. Perubahan Backlink: Melaporkan penambahan atau pengurangan backlink selama periode tertentu. Ini membantu dalam melacak efektivitas strategi pembuatan backlink.
  9. Trafik yang Dihasilkan: Beberapa alat mungkin memberikan perkiraan trafik yang dihasilkan melalui backlink tertentu, yang membantu dalam mengukur dampaknya terhadap kunjungan situs.
  10. Backlink Tier: Memberikan informasi tentang hierarki backlink, misalnya menunjukkan apakah backlink merupakan tier 1 (langsung mengarah ke situs Anda) atau tier yang lebih rendah.
  11. Skor Toxic: Laporan dari alat seperti SEMrush yang menilai kemungkinan backlink tertentu berpotensi berbahaya atau ‘toksik’ bagi profil backlink Anda.
  12. Konteks Backlink: Beberapa alat menyediakan analisis konteks backlink, misalnya apakah tautan tersebut muncul dalam konten editorial, blog, footer, atau forum.

Laporan-laporan ini memberikan wawasan mendalam tentang kualitas, kuantitas, dan efektivitas backlink yang mengarah ke situs Anda, yang sangat berguna untuk strategi SEO yang efektif.

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat sore 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X