Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

Ringkasan Strategi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

54 views
Ringkasan Strategi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Strategi pemasaran digital adalah rencana komprehensif yang memandu bisnis dalam menggunakan kanal online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan visibilitas merek, meningkatkan penjualan, dan mencapai tujuan bisnis tertentu.

Ringkasan Strategi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Kanal ini termasuk pencarian organik, pencarian berbayar, media sosial, email, dan lainnya​​. Elemen kunci dari strategi pemasaran digital meliputi tujuan pemasaran, audiens target, anggaran, sumber daya yang tersedia, kompetitor, dan kanal pemasaran online​​.

Manfaat utama perencanaan strategi pemasaran digital adalah memberikan arah dan fokus yang jelas, mempertahankan akuntabilitas tim pemasaran, dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan Anda​​​​.

Beberapa strategi pemasaran digital yang efektif adalah:

1. Optimisasi Mesin Pencari (SEO): Meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google dan Bing​​.

Dibutuhkan keahlian khusus serta pengalaman dan kehati-hatian dalam menjalankan strategi SEO ini.

Hal ini karena algorithma dari mesin pencaharian sering berubah-ubah setiap waktu. Karenanya tidak ada cara lain selain fokus dan konsisten sabar mengikuti guideline yang tetlah di tetapkan.

2. Iklan Berbayar: Menjalankan iklan berbayar di saluran periklanan untuk menargetkan audiens Anda​.

Contoh sederhana adalah Google PPC karena layanan iklan ini sangat dominan dan populer di Indonesia.

Jumlah pengguna Google yang berlimpah menjadikan search engine Google menjadi yang populer dan banyak direkomendasikan para ahli.

Tetapi untuk menjalankan strategi iklan PPC dibutuhkan juga keahlian yang sangat tinggi. Teruta pada persaingan yang tinggi karena harga PPC akan semakin mahal didalam persaingan yang tinggi.

Tantangan lain dari program iklan PPC adalah iklan kita di klik oleh para pesaing juga. Karenanya dibutuhkan wawasan yang teliti dan perhitungan yang matang.

3. Pemasaran Media Sosial: Menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok untuk memasarkan merek Anda​​.

Selain Google tentu masih ada lagi alternatif lain seperti iklan di social media. Facebook, Instagram dan Tiktok merupakan pilihan utama.

Harga iklan di Facebook dan social media lainnya pada umumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan di Google.

Dari sisi efektivitas tentu saja ada perbedaan mencolok dan mendasar. Anda harus tahu terlboh dahulu siapa audience dari target pemasaran Anda.

4. Pemasaran Email: Mengirimkan konten promosi, transaksional, dan informatif melalui emai​​.

Walau sudah usang tetapi cara ini masih banyak dipakai oleh para penggiat digital marketing.

5. Pemasaran Influencer: Berkolaborasi dengan influencer untuk mempromosikan penawaran merek Anda​​.

Ini tergolong cara baru dan masih hangat. Dan saya rasa cukup produktif dan memberikan efek walau tidak sebesar program iklan lainnya.

Langkah-langkah untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang berdampak meliputi riset audiens target, analisis kompetitor, alokasi anggaran pemasaran, penetapan tujuan pemasaran, pemilihan kanal pemasaran, perencanaan dan pelaksanaan kampanye pemasaran, dan penyempurnaan berkelanjutan strategi pemasaran digital Anda​​.

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat malam 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X