Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

Tutorial Atasi Error 404 Pada Website

71 views
Tutorial Atasi Error 404 Pada Website

Error 404 adalah istilah yang sering kita temui ketika menjelajahi internet, namun tidak semua dari kita memahami sepenuhnya apa itu Error 404. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang Error 404, mulai dari pengertiannya, penyebab umum dan khusus, serta solusi untuk memperbaiki masalah ini.

Tutorial Atasi Error 404 Pada Website

Error 404, juga dikenal sebagai “HTTP 404”, “404 Not Found”, adalah sebuah pesan kesalahan yang diberikan oleh server web. Pesan ini menandakan bahwa server bisa dihubungi, namun server tidak bisa menemukan halaman yang diminta.

Error 404 muncul ketika URL yang diakses tidak sesuai dengan halaman yang ada di server. Hal ini bisa terjadi karena URL yang salah ketik, halaman telah dihapus, atau telah dipindahkan tanpa meng-update link yang ada.

Dari sudut pandang pengguna, Error 404 dapat menimbulkan kebingungan dan frustrasi. Sementara dari sisi website, terlalu banyak Error 404 dapat mempengaruhi SEO dan reputasi situs tersebut.

Mengatasi Error 404 penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik dan menjaga kredibilitas situs web. Hal ini juga penting untuk SEO karena mesin pencari favoritkan situs dengan kesalahan minim.

Penyebab Umum Error 404

Ada beberapa alasan umum mengapa Error 404 bisa terjadi. Memahami penyebab-penyebab ini bisa membantu dalam mendiagnosa dan memperbaiki masalah lebih cepat.

  1. Kesalahan Penulisan URL Salah satu penyebab paling umum dari Error 404 adalah kesalahan penulisan URL oleh pengguna. URL yang salah ketik atau tidak lengkap akan menyebabkan server tidak bisa menemukan halaman yang diminta.
  2. Penghapusan atau Pemindahan Halaman Jika sebuah halaman dihapus dari website atau dipindahkan tanpa memperbaharui link yang mengarah ke halaman tersebut, ini akan menyebabkan Error 404.
  3. Kesalahan dalam Pengaturan Server: Kesalahan konfigurasi server juga bisa menyebabkan Error 404. Ini bisa terjadi akibat kesalahan dalam pengaturan file .htaccess atau server yang tidak diatur dengan benar untuk menangani permintaan URL tertentu.

Penyebab Khusus Error 404

Selain penyebab umum, ada juga kondisi khusus yang bisa menyebabkan Error 404. Mengetahui hal ini bisa membantu dalam penanganan kasus-kasus tertentu.

  1. Pengalihan URL yang Salah: Ketika sebuah website melakukan pengalihan URL (redirection), jika pengalihannya tidak dilakukan dengan benar, hal ini bisa menghasilkan Error 404. Ini sering terjadi saat website mengalami perubahan besar atau migrasi.
  2. Caching Issue: Masalah caching di browser atau server juga bisa menyebabkan Error 404. Kadang-kadang, sebuah halaman yang sebenarnya ada bisa tidak muncul karena cache yang usang atau rusak.
  3. Masalah dengan DNS: Kesalahan atau delay dalam propagasi DNS (Domain Name System) juga bisa menyebabkan Error 404. Ini terjadi saat sebuah domain baru diarahkan ke server atau ada perubahan pada DNS yang belum sepenuhnya tersebar.

Solusi Atasi Error 404

Error 404 bukanlah kesalahan fatal, namun perlu ditangani dengan benar. Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini.

  1. Pemeriksaan dan Perbaikan Link: Salah satu langkah pertama dalam memperbaiki Error 404 adalah memeriksa dan memperbaiki link yang rusak. Ini bisa dilakukan secara manual atau dengan bantuan alat otomatis.
  2. Penyediaan Halaman 404 yang Baik: Membuat halaman 404 yang informatif dan membantu bisa mengurangi frustrasi pengguna. Halaman 404 yang baik harus memberikan petunjuk atau link ke halaman utama.
  3. Penggunaan Redirect dengan Benar: Jika sebuah halaman dipindahkan atau dihapus, pastikan untuk melakukan pengalihan (redirect) dengan benar. Pengalihan 301 adalah cara yang efektif untuk memindahkan traffic dari URL lama ke yang baru tanpa menghasilkan Error 404.

Dengan pemahaman yang baik tentang Error 404, penyebabnya, dan cara mengatasinya, Anda bisa memastikan bahwa situs web Anda tetap mudah diakses dan ramah pengguna. Ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga membantu dalam performa SEO website Anda.

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat siang 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X