Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

Tutorial Header WordPress: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

286 views
Tutorial Header WordPress: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Header dalam konteks WordPress merupakan salah satu elemen penting yang terletak di bagian atas halaman website. Ini adalah area pertama yang biasanya dilihat oleh pengunjung saat mereka mengakses sebuah situs. Header tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan judul website atau logo, tetapi juga sebagai area navigasi utama yang membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan lebih mudah.

Tutorial Header WordPress: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Dalam desain web, header adalah komponen dari tema WordPress yang dapat dikustomisasi melalui pengaturan tema atau dengan menggunakan kode khusus.

Fungsi Header dalam WordPress

  1. Identitas Brand: Header sering kali berisi logo atau nama bisnis, yang memainkan peran krusial dalam branding. Ini adalah kesempatan pertama untuk membuat kesan yang baik kepada pengunjung.
  2. Navigasi: Header biasanya menyertakan menu atau navigasi yang memudahkan pengunjung untuk berpindah antar halaman dan mencari konten di situs.
  3. Aksesibilitas: Menyediakan akses cepat ke fitur penting seperti pencarian, kontak, atau bahkan profil pengguna. Ini meningkatkan pengalaman pengguna dan kegunaan situs.
  4. Integrasi Sosial dan Promosi: Beberapa header menyediakan ruang untuk ikon media sosial, nomor telepon, atau promosi spesial.

Cara Mengatur Header di WordPress

Melalui Customizer WordPress

  1. Akses Customizer: Masuk ke dashboard WordPress Anda, kemudian navigasi ke ‘Appearance’ > ‘Customize’. Di sini Anda akan menemukan opsi untuk mengubah header.
  2. Pilih Header: Banyak tema menyediakan beberapa pilihan layout header. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan estetika situs Anda.
  3. Kustomisasi: Sesuaikan elemen seperti logo, warna, font, dan posisi menu. Beberapa tema juga memungkinkan Anda menambahkan widget atau elemen lain ke dalam header.

Menggunakan Plugin

Jika tema Anda terbatas dalam hal kustomisasi header, Anda bisa menggunakan plugin seperti ‘Elementor’ atau ‘Header Builder’ yang memberikan kontrol lebih lanjut dan opsi kreatif untuk desain header.

Contoh Penggunaan Header di Website

  • Website Korporat: Sebuah perusahaan teknologi mungkin memiliki header dengan logo yang jelas, menu dropdown untuk layanan, dan mungkin area kecil untuk berita atau pembaruan terkini.
  • Blog Pribadi: Seorang blogger mungkin memiliki header yang lebih sederhana, yang menampilkan nama dan tagline blog, menu navigasi, dan pencarian.
  • E-commerce: Untuk situs e-commerce, header mungkin mencakup elemen seperti keranjang belanja, kategori produk, pencarian lanjutan, dan promosi atau diskon.

Desain header yang efektif dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung, menurunkan tingkat pentalan (bounce rate), dan memperkuat identitas merek. Header yang berantakan atau sulit dinavigasi bisa menjadi alasan pengunjung meninggalkan situs Anda. Oleh karena itu, penting untuk menguji tata letak, desain, dan fungsi header untuk memastikan bahwa mereka bekerja secara optimal dalam melayani tujuan bisnis dan kepuasan pengguna.

Header adalah salah satu aspek terpenting dari desain website yang tidak hanya mendefinisikan tampilan dan nuansa situs, tetapi juga mempengaruhi cara pengguna berinteraksi dengan konten Anda. Dengan memahami dan mengimplementasikan praktik terbaik dalam desain header, Anda dapat meningkatkan efektivitas situs WordPress Anda dalam melayani tujuan bisnis sambil memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Mulailah dengan memilih tema yang tepat, sesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda, dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai plugin untuk mencapai hasil yang maksimal.

Series Post

Artikel ini artikel bersambung terdapat lanjutan artikel yang saling terkait. Berikut related artikel dengan pembahasan artikel ini.

Membuat Tema WP

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat sore 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X