Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

Tutorial Cara Buat Video Marketing Instagram

70 views
Tutorial Cara Buat Video Marketing Instagram

Dalam era digital ini, Instagram telah menjadi platform yang krusial dalam strategi pemasaran digital. Video marketing melalui Instagram memberikan peluang besar untuk meningkatkan engagement dan konversi.

Tutorial Cara Buat Video Marketing Instagram

Artikel ini dirancang untuk membantu Anda, terutama pemula, dalam memahami dan menerapkan cara membuat video marketing di Instagram yang efektif dan menarik.

Video marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan video untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk atau layanan. Video ini efektif dalam meningkatkan interaksi, membangun kesadaran merek, dan mendorong penjualan. Dalam konteks Instagram, video marketing mengambil berbagai bentuk seperti posts, stories, IGTV, dan reels, masing-masing dengan keunikan dan fungsinya sendiri.

Instagram, sebagai platform berbasis visual, menyediakan lingkungan yang sempurna untuk video marketing. Dengan lebih dari satu miliar pengguna bulanan, Instagram memberikan kesempatan untuk menjangkau audiens yang luas dan beragam. Kekuatan video di Instagram terletak pada kemampuannya untuk menyampaikan pesan secara cepat dan menarik, yang sangat cocok untuk konsumsi media saat ini.

Manfaat utama dari video marketing meliputi peningkatan engagement, penguatan identitas merek, dan peningkatan tingkat konversi. Video yang dirancang dengan baik dapat membantu pesan Anda tersampaikan lebih efektif, meningkatkan keterlibatan audiens, dan akhirnya mendorong tindakan, baik itu pembelian atau interaksi lainnya dengan merek Anda.

Persiapan Sebelum Memulai Membuat Video

Menentukan Target Audiens

Langkah pertama dalam membuat video marketing adalah mengidentifikasi siapa audiens target Anda. Ini penting karena akan menentukan tone, gaya, custom dan isi dari video Anda.

Apakah audiens Anda lebih muda, lebih tua, lebih suka konten edukatif atau hiburan? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membentuk dasar strategi video Anda.

Menyusun Konsep dan Skrip

Setelah mengetahui audiens Anda, langkah selanjutnya adalah menyusun konsep dan skrip. Konsep harus sesuai dengan tujuan video, apakah itu untuk informasi, edukasi, atau hiburan. Skrip yang baik akan memandu alur video dan memastikan semua poin penting tercakup.

Menyiapkan Peralatan

Peralatan yang diperlukan untuk membuat video tidak harus mahal atau profesional. Bahkan, banyak video marketing yang efektif dibuat dengan menggunakan smartphone. Namun, peralatan tambahan seperti tripod, mikrofon eksternal, dan pencahayaan yang baik dapat meningkatkan kualitas video Anda.

Nama Tools Membuat Video Instagram Untuk Marketing

Untuk pengambilan gambar, Anda bisa menggunakan kamera DSLR atau smartphone dengan kualitas kamera yang baik. Pastikan resolusi dan kualitas gambar memadai untuk kebutuhan Anda.

Dimensi video yang direkomendasi instagram adalah

  1. Instagram Stories: Dimensi: 1080 x 1920 piksel (rasio aspek 9:16). Durasi: Maksimal 15 detik per story.
  2. Instagram Posts (Feed): Kotak (Square): 1080 x 1080 piksel (rasio aspek 1:1). Lanskap (Landscape): 1080 x 566 piksel (rasio aspek 1.91:1). Potret (Portrait): 1080 x 1350 piksel (rasio aspek 4:5). Durasi Video: Maksimal 60 detik.
  3. IGTV: Lanskap: 1920 x 1080 piksel (rasio aspek 16:9). Potret: 1080 x 1920 piksel (rasio aspek 9:16). Durasi Video: Minimal 15 detik dan maksimal 10 menit untuk akun kebanyakan, sedangkan akun besar atau yang terverifikasi bisa hingga 60 menit.
  4. Instagram Reels: Dimensi: 1080 x 1920 piksel (rasio aspek 9:16). Durasi: Maksimal 60 detik. Instagram Carousel Video: Mengikuti dimensi posts (feed), bisa kotak, lanskap, atau potret.

Terdapat berbagai pilihan software editing video, dari yang sederhana seperti iMovie atau Filmora, hingga yang lebih kompleks seperti Adobe Premiere Pro atau Final Cut Pro. Pilihan software tergantung pada kebutuhan dan keahlian Anda dalam editing video.

Untuk meningkatkan kualitas produksi, pertimbangkan untuk menggunakan aksesori seperti tripod, microphone eksternal, dan lighting kit. Aksesori ini akan membantu dalam menghasilkan video dengan kualitas lebih tinggi dan profesional.

Efek-Efek yang Digunakan pada Video agar Menarik

Menggunakan transisi yang halus dan animasi yang menarik dapat membuat video Anda lebih dinamis dan menyenangkan untuk ditonton. Ini penting untuk menjaga perhatian audiens selama durasi video.

Memilih tekstur dan latar belakang yang tepat sangat penting. Ini tidak hanya menambah nilai estetika tetapi juga membantu dalam menyampaikan tone dan mood video Anda. Latar belakang yang sederhana dan tidak mengganggu seringkali lebih efektif.

Penggunaan efek visual dan suara dapat menonjolkan elemen-elemen kunci dalam video Anda. Ini termasuk efek suara, musik latar, dan efek visual lainnya yang dapat menambah kedalaman pada video marketing Anda.

Strategi Membuat Konten Video

Konsistensi dalam gaya, tone, dan pesan sangat penting dalam video marketing. Ini membantu dalam membangun dan mempertahankan identitas merek Anda di mata audiens.

Cerita yang menarik dan relatable dapat meningkatkan keterlibatan audiens. Storytelling adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan Anda dan membuat audiens merasa terhubung dengan merek Anda.

Setiap video marketing harus memiliki call-to-action (CTA) yang jelas. Ini bisa berupa ajakan untuk mengunjungi website Anda, mengikuti akun Instagram Anda, atau tindakan lain yang relevan dengan tujuan video Anda.

Contoh Kalimat yang Digunakan

Hook yang Menarik

Gunakan kalimat pembuka atau ‘hook’ yang menarik untuk segera menarik perhatian audiens. Ini bisa berupa pertanyaan, fakta menarik, atau pernyataan yang mengejutkan.

Informasi yang Berguna

Sajikan informasi yang berguna dan relevan dengan audiens Anda. Ini bisa berupa tips, panduan, atau informasi tentang produk atau layanan Anda.

Ajakan Bertindak

Sertakan ajakan bertindak yang jelas di akhir video. Ini bisa berupa ajakan untuk mengunjungi situs web Anda, membeli produk, atau hanya mengikuti akun media sosial Anda.

Baca juga cara membuat kalimat pembuka pada podcast.

Tema Video

Tema edukasi sangat cocok untuk memberikan informasi atau pengetahuan tentang produk atau layanan Anda. Ini bisa dalam bentuk tutorial, Q&A, atau penjelasan tentang bagaimana produk Anda bekerja.

Tema humor bisa sangat efektif dalam menarik perhatian dan membuat konten Anda lebih mudah diterima. Ini juga bisa membantu dalam membangun koneksi yang lebih personal dengan audiens Anda.

Video dengan tema inspirasi sering digunakan untuk membangun koneksi emosional dengan audiens. Ini bisa melalui kisah sukses, testimoni pelanggan, atau cara produk Anda memberikan dampak positif.

Video di Instagram idealnya harus pendek dan padat. Untuk Instagram stories, durasinya dibatasi hingga 15 detik per slide, sedangkan untuk posts, durasinya bisa hingga 60 detik.

Selain itu, Instagram juga memiliki format lain seperti IGTV yang memungkinkan video lebih panjang, dan reels yang populer dengan format video pendek dan menarik. Penting untuk memahami batasan dan kelebihan setiap format ini untuk memaksimalkan efektivitas video marketing Anda.

Nama-Nama Software untuk Membuat Video Instagram

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah software editing video yang sangat kuat dan serbaguna. Cocok untuk mereka yang mencari kontrol penuh atas proses editing, dengan berbagai fitur canggih.

Final Cut Pro

Final Cut Pro adalah pilihan populer di kalangan pengguna Mac. Software ini menawarkan antarmuka yang user-friendly namun tetap menghadirkan fitur-fitur profesional.

iMovie

iMovie adalah pilihan bagus untuk pemula atau mereka yang mencari solusi editing yang lebih sederhana. Meski fiturnya lebih terbatas, iMovie cukup mumpuni untuk kebutuhan dasar editing video.

Filmora

Filmora adalah software editing yang cocok untuk pengguna yang ingin kombinasi kemudahan penggunaan dan fitur yang cukup lengkap. Interface yang intuitif membuatnya populer di kalangan pemula.

Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep ini, Anda akan dapat membuat video marketing Instagram yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mendorong keterlibatan dan konversi. Ingatlah bahwa kreativitas dan konsistensi adalah kunci dalam dunia video marketing di media sosial. Selamat mencoba!

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat sore 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X