Web Design, SEO & Digital Marketing Freelancer
0813-9891-2341

Tips Membuat Blog untuk Mendongkrak Pemasaran Perusahaan

44 views
Tips Membuat Blog untuk Mendongkrak Pemasaran Perusahaan

Blogging telah menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas online dan mendongkrak pemasaran perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tips yang dapat membantu Anda membuat blog yang sukses untuk mendukung tujuan pemasaran perusahaan Anda.

Tips Membuat Blog untuk Mendongkrak Pemasaran Perusahaan

Pembahasan kita akan berkisar pada penentuan tujuan, memilih platform, SEO, konten, konsistensi, medsos, alanytic, CTA, newsletter dan kolaborasi dengan para influencer.

Artikel ini sangat cocok untuk Anda yang sedang memasarkan sebuah produk atau jasa yang menargetkan pengunjung yang bersumber dari orgnik traffic yaitu pengunjung website yang datang tanpa iklan. Mari kita mulai saja:

1. Menentukan Tujuan dan Audiens Target

Sebelum memulai blog, penting untuk menentukan tujuan utama dari blog tersebut. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, menarik lebih banyak pelanggan, atau mengedukasi audiens tentang produk dan layanan Anda? Selain itu, identifikasi audiens target Anda.

Setelah kita bisa memahami siapa mereka, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka akan membantu Anda dalam membuat konten yang relevan dan menarik.

Cara menentukan tujuan adalah dengan cara mempertimbangan beberapa target yang akan kita capai dari blog dan cara menentukan audiens target adalah dengan mempelajari produk (product knowledge), seperti: untuk siapa produk kita bisa kita pertimbangan mulai dari: gender, usia, minat, hoby, kebiasaan, househome income dll.

Dengan begini maka blog yang akan kita bikin akan semakin tertarget dan tepat sasaran sehingga apa yang kita inginkan bisa kita capai melalui blog.

2. Memilih Platform Blogging yang Tepat

Memilih platform blogging yang tepat sangat penting untuk kesuksesan blog Anda. WordPress, Blogger, dan Medium adalah beberapa platform populer yang bisa Anda pertimbangkan.

WordPress menawarkan fleksibilitas dan banyak fitur kustomisasi, sementara Blogger lebih mudah digunakan bagi pemula. Medium, di sisi lain, memiliki audiens yang besar dan dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pembaca.

Yang terpenting dari itu adalah Anda sebagai pengelola blog harus menguasai platform blogging yang akan dipakai. Semakin kita banyak mengetahui tentang platfom itu maka semakin mudah pula kita mengelolanya.

Platform terkait erat dengan performa, biaya dan keamanan serta keberlangsungannya. Karenanya sangat disarankan menggunakan platform WordPress untk membuat blog karena WordPress merupakan platform yang sangat lengkap, mudah, aman, powefull dan murah untuk membuat blog.

Untuk WordPress ada versi gratis (WordPress.org) dan gratis dengan limit (WordPress.com). Untuk menggunakan WordPress.com silahkan:

  1. Kunjungi Wordpess.com
  2. Mendaftar dengan email yang Anda miliki
  3. Verifikasi
  4. Pilih tema untuk blog
  5. Mulai membuat blog

3. Mengoptimalkan SEO

Optimasi mesin pencari (SEO) adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas blog Anda di hasil pencarian Google. Gunakan kata kunci yang relevan di judul, subjudul, dan konten artikel Anda.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan meta deskripsi yang menarik dan menyertakan tautan internal serta eksternal untuk meningkatkan kredibilitas dan navigasi blog Anda.

Karena konsep utama dari blog adalah mendapatkan organic traffic maka SEO sangat ditekankan. Sangat komplek dan sangat dinamis ketika kita membahas masalah SEO. Banyak rambu-rambu yang harus Anda pahami dan taati.

Cara mengoptimalkan SEO untuk blog adalah dengan mempelajarinya dari ahlinya. Tetapi pastikan ilmu pelajaran SEO yang Anda dapatkan haruslah sesuai dengan algorithm Google saat ini.

Beberapa tools SEO yang boleh Anda gunakan untuk meningkatkan SEO anda seperti:

  1. Yoast SEO: ini adalah plugin gratis pada WordPress yang bisa Anda gunakan dalam membuat blog
  2. Wordcounter: ini adalah website yang digunakan untuk menghitung kehyword density pada konten kita khusus yang membuat blog artikel
  3. Ahrefs atau Majestic: yaitu tools untuk memeriksa backlink dari sebuah website yang ada.

4. Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Konten adalah raja dalam dunia blogging. Pastikan setiap artikel yang Anda tulis informatif, bermanfaat, dan menarik bagi audiens Anda. Gunakan data dan statistik untuk mendukung argumen Anda, dan jangan lupa untuk menyertakan gambar, infografis, atau video untuk memperkaya konten Anda. Konten yang berkualitas tinggi tidak hanya menarik pembaca, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan otoritas merek Anda.

Konten bisa terdiri dari berbagai macam misal: artikel, video, gambar atau kombinasi dari semuanya. Yang penting saat membuat konten adalah bahwa konten yang Anda bikin bisa memberikan manfaat dan bisa menggerakan pengunjung untuk melakukan aksi entah itu tekan tombol Whatsapp, Telepon atau membeli produk.

Cara membuat konten yang sangat disarankan adalah: mengedepankan isi yang lengkap, berurutan dan bisa menjadi solusi apa yang sedang diinginkan pengunjung blog Anda. Lihat contoh blog perusahaan ini atau lihat blog perusahaan ini yang juga sedang mempromosikan produk jasa perusahaannya. Dari contoh itu Anda bisa melihat bagaimana perusahaan outsourcing tersebut mempromosikan jasa mereka melalui blog.

Langkah-langkah membuat konten berkualitas itu adalah:

  1. Temukan kata kunci yang ideal untuk blog post kita
  2. Lakukan research melalui Keyword planner, trend atau Google Alert
  3. Buat strategi penulisan misal menentukan topik (judul), sub topik, isi paragraph, heading, photo-photo, external dan internal link dst
  4. Tulis artikel sesuai dengan tujuan, target dan audience
  5. Sematkan promosi perusahaan untuk tujuan pemasaran perusahaan
  6. Optimasikan penulisan dengan cara mengikuti semantic structure penulisan konten yang benar

5. Menjaga Konsistensi Posting

Konsistensi adalah kunci dalam mempertahankan dan menumbuhkan audiens blog Anda. Buat jadwal posting yang teratur, baik itu mingguan atau bulanan, dan patuhi jadwal tersebut. Konsistensi dalam posting akan membantu Anda membangun ekspektasi di kalangan pembaca dan menjaga mereka tetap terlibat dengan konten Anda.

Cara menjaga konsistensi posting adalah dengan membuat rencana topik yang akan Anda tampilkan didalam blog. Buat list (daftar) topik blog yang akan Anda tampilkan didalam blog.

Contoh buat daftar topik (judul post pada blog):

  1. Membuat artikel blog yang saling terkait (series)
  2. Membuat artikel blog yang terkait dengan isu nasional maupun internasional
  3. Dll

6. Menggunakan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mempromosikan blog Anda. Bagikan setiap posting blog di berbagai platform media sosial seperti Facebook, X, LinkedIn, dan Instagram.

Caranya agar lebih maksimal adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan dan ajak audiens untuk berinteraksi dengan konten Anda. Promosi melalui media sosial dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan lalu lintas ke blog Anda.

Tetapi pastikan anda telah memiliki banyak follower didalam media sosial itu. Cara ini menjadi sangat powerful jika Anda telah memiliki banyak follower di Media Sosial karena tanpa itu aktivitas sharing post di Media Sosial akan sia-sia saja.

7. Menganalisis Performa Blog

Mengukur performa blog Anda sangat penting untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan. Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk melacak lalu lintas, waktu yang dihabiskan di halaman, dan tingkat konversi. Data ini akan memberikan wawasan berharga tentang bagaimana audiens berinteraksi dengan blog Anda dan area mana yang memerlukan perhatian lebih.

Analisa data ini juga sangat penting karena dengan mendapatkan data yang benar kita bisa melakukan perbaikan dan peningkatan performa dari blog kita.

Cara untuk menganalisis performa blog adalah dengan menggunakan platform gratis semacam Google Analytic (GA). Pada GA kita bisa mendapatkan informasi yang sangat lengkap mengenai data pengunjung blog kita seperti:

  1. Lokasi
  2. Landing page
  3. Teknologi
  4. Dll

Dengan data-data itu semua kita bisa mengetahui mana halaman atau mana blog post yang dominan mendapatkan pengunjung dan mana yang tidak agar kita bisa memperbaiki dan mengoptimalkan dan merawatnya.

Gunakan juga Looker Studio dari Google untuk membuat ringkasan atau summary dari traffic yang telah Anda dapat dari Google analytic. Tujuannya adalah untuk mempermudah kita melihat dan mempelajari pengunjung blog apakah sudah sesuai dengan tujuannya mempromosikan produk perusahaan atau belum.

8. Berinteraksi dengan Pembaca

Interaksi dengan pembaca adalah cara yang bagus untuk membangun komunitas yang loyal. Balas komentar yang ditinggalkan di blog Anda dan ajak pembaca untuk berbagi pendapat mereka. Selain itu, buatlah konten interaktif seperti polling atau Q&A untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Cara berinteraksi dengan mudah misalnya dengan form komentar, share, tombol Whatsapp, tombol like dll. Dengan begitu maka blog Anda akan lebih hidup dan ada peluang untuk meningkatkan penjualan perusahaan melalui blog.

9. Mengembangkan Newsletter

Newsletter adalah cara yang efektif untuk menjaga audiens Anda tetap terinformasi tentang konten terbaru Anda. Buatlah form langganan di blog Anda dan kirimkan email secara rutin dengan ringkasan posting terbaru, penawaran eksklusif, atau informasi penting lainnya. Newsletter dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih dekat dengan pembaca dan meningkatkan lalu lintas ke blog Anda.

Walau ini tergolong cara lama tetapi masih efektif terutama jika konten pada blog Anda sifatnya dinamis. Misal: berisi artikel bersambung, artikel up date dst.

10. Kolaborasi dengan Influencer dan Guest Blogger

Kolaborasi dengan influencer atau mengundang guest blogger dapat memberikan perspektif baru dan memperluas jangkauan blog Anda. Influencer memiliki audiens yang besar dan dapat membantu mempromosikan konten Anda ke khalayak yang lebih luas. Guest blogger, di sisi lain, dapat memberikan konten yang segar dan beragam untuk blog Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat blog yang efektif dalam mendongkrak pemasaran perusahaan Anda. Selalu ingat bahwa kesuksesan blog tidak terjadi dalam semalam, tetapi dengan konsistensi dan strategi yang tepat, blog Anda dapat menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan Anda.

Kembali ke Blog Atau Cari Informasi Lainnya
Yuk Baca Artikel Ini: Sitemap

Tags

Budi Haryono Freelance Web Design
Hubungi saya untuk jasa pembuatan website profesional dan berkualitas. Selama 14 tahun telah lebih dari 300 proyek website sukses dikerjakan. Kini tidak kurang dari 91 website saya buat dan 53 website saya kelola. Pesan jasa pembuatan website sekarang dengan harga mulai Rp800.000,- saja.

Related Post

Home Services Pricing Contact
Budi Haryono & Team
X
Selamat siang 🙏, bantuan apa yang bisa saya berikan? tekan disini untuk memulainya.
Budi Haryono
X
Hubungi saya melalui:
X